Dibuka: Akademi Bercerita Angkatan I tahun 2013

Akademi Bercerita percaya bawah cerita adalah kunci. Cerita yang hebat itu menginspirasi, menggerakkan orang, dan bisa membuka potensi hidup. Kami percaya cerita hebat lah yang akan membentuk dunia menjadi lebih baik. Kami percaya setiap orang punya cerita yang hebat. Namun apalah arti sebuah cerita tanpa kemampuan bercerita?

Akademi Bercerita adalah wadah mengasah skill bercerita untuk teman-teman Bentang Pustaka dan PlotPoint Kreatif secara gratis. Akademi ini lahir dari kegelisahan akan kurangnya cerita serta pencerita yang berkualitas dan punya lokalitas tinggi. Kami percaya untuk memaksimalkan industri buku maka setiap pekerjanya wajib mempunyai keahlian bercerita selain keahlian teknis pada tiap bidangnya.

Untuk itulah kami, membuka kesempatan bagi peserta terpilih untuk mengikuti seluruh sesi Akademi Bercerita belajar teori dan praktik menulis. Kelas akan dibuka di Jakarta dan Yogyakarta.

Materi 

Secara umum, peserta akan belajar tentang 1) siasat menggali, menemukan, dan mengolah ide sederhana menjadi luar biasa; 2) storytelling: struktur, peran dan kekuatan sebuah cerita, dan aplikasinya dalam penulisan buku; 3) menyusun rencana penulisan buku, mengatur jadwal, dan menulis efektif sesuai tenggat waktu.

Kelas Fiksi (Novel)

• Pengantar Penerbitan, Seluk beluk penerbitan, royalti, kontrak, distribusi, promosi, kemasan
• Storytelling, premis & tema, alur (plot, konflik, dan setting), karakterisasi, sudut pandang, dialog, teknik menulis novel, diksi
• Melakukan riset yang efektif dan akurat untuk menulis buku populer.

Kelas Fiksi (Cerita Pendek)
• Pengantar Penerbitan, Seluk beluk penerbitan, royalti, kontrak, distribusi, promosi, kemasan
• Storytelling, gambaran besar cerita pendek, ide, karakter, konflik, plot dan struktur, setting, pilihan kata, susunan kalimat, penyuntingan naskah cerita pendek
• Melakukan riset yang efektif dan akurat untuk menulis buku populer.

Kelas Non Fiksi
• Pengantar Penerbitan, Seluk beluk penerbitan, royalty, kontrak, distribusi, promosi, kemasan.
• Storytelling, jenis tulisan fiksi, angle, struktur tulisan (judul, lead, paragraph, closing), diksi, logika kalimat, penggayaan kalimat, reportase dan riset, susastra
• Proses editing buku, desain, plot buku.

Ketentuan
1. Tema bebas terbagi menjadi 3 kategori: fiksi novel, fiksi cerita pendek dan non fiksi.
2. Naskah merupakan karya asli dan bukan terjemahan atau saduran.
3. Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak atau elektronik, serta tidak sedang diikutsertakan di kompetisi/lomba serupa.
4. Untuk kategori novel  panjang minimal 20 halaman, untuk kategori cerita pendek kirimkan minimal 4 contoh cerita pendekmu, sedangkan untuk naskah non fiksi yang dikirimkan adalah proposal buku non fiksi yang ingin kamu buat. Naskah diketik pada HVS ukuran A4; spasi 1,5; font Times New Roman; dan, ukuran font 12 point
5. Melampirkan formulir yang sudah diisi dan foto. Formulir dapat diunduh disini. Formulir harus dibubuhi tanda tangan (dapat dengan cara diprint, tanda tangan, scan, kemudian kirimkan via email).
6. Naskah dikirimkan ke email: akademibercerita@gmail.com dengan format subjek email: “kota-kategori”. Contoh: “Jogja-Fiksi Novel” atau “Jakarta-Non Fiksi”.
7. Keputusan panita tidak dapat diganggu gugat.
8. Penulis yang naskahnya terpilih akan menjadi peserta Akademi Bercerita.
9. Naskah-naskah yang terpilih menjadi milik Akademi Bercerita dan akan diterbitkan.

Kriteria Peserta

• Laki-laki/Perempuan, usia maksimal 35 tahun
• Bercita-cita menjadi penulis buku produktif dan bermutu
• Pelajar, mahasiswa, umum
• Sanggup mengikuti seluruh sesi Akademi Bercerita dan kegiatan yang terkait
• Disiplin Bertanggung jawab dan berkomitmen
• Bersedia menyetujui semua kententuan yang ditetapkan selama program berlangsung

Tanggal Penting

Yogyakarta
Pendaftaran : 15 Februari – 22 Februari 2013
Seleksi : 23 – 25 Februari 2013
Pengumuman : 26 Februari 2013
Program dimulai tanggal: 1 Maret 2013 (Fiksi) , 11 Maret (Non Fiksi) diundur menjadi tanggal 25 Maret 2013.

Jakarta
Pendaftaran : 18 Februari – 1 Maret 2013
Seleksi : 2 Maret – 6 Maret 2013
Pengumuman : 7 Maret 2013
Program dimulai tanggal : 13 Maret 2013 (Fiksi Novel), 18 Maret 2013 (Fiksi Cerpen dan Non Fiksi)

Informasi pendaftaran

Akademi Bercerita Yogyakarta
Penerbit Bentang Pustaka
Jl. Kalimantan No.9A Sinduadi, Mlati, Sleman,
Yogyakarta 55204
Tlp. (0274) 886010

Akademi Bercerita Jakarta
PlotPoint Kreatif
Jl. Puri Mutiara 2 No.7
Jakarta 12430
Tlp: (021) 75902920/ (021) 34220888

Email: akademibercerita@gmail.com

Advertisements

56 thoughts on “Dibuka: Akademi Bercerita Angkatan I tahun 2013

  1. Saya sangat tertarik dan antusias mengikuti program hebat ini. Untuk itu ada beberapa pertanyaan sedikit untuk kelas fiksi cerita pendek:
    1. apakah semua cerpennya harus satu tema? misal tentang cinta..
    2. apakah masing2 cerpennya perlu disertakan juga sinopsisnya?
    3. selain naskah dan biodata yg dikirim, apakah ada formulir pendaftaran tertentu yg harus disertakan?
    Terima kasih

  2. Halo,
    1. Silakan kirimkan beberapa contoh cerpen yang sudah kamu buat, dan temanya tidak perlu sama.
    2. Cerpen tidak perlu disertakan sinopsisnya, tapi kalau kamu mau, kamu bisa memberikan keterangan tema pada
    masing-masing cerpen.
    3. Ya, nanti akan kami post link-nya untuk mengunduh formulir pendaftarannya. Tidak perlu mengirimkan biodata,
    jadi yang harus dikirim hanya formulir yang sudah diisi beserta foto.

    Terima kasih.

  3. mau tanya, untuk kelas fiksi novel minimal mengirimkan 20 halaman atau bagaimana? karena saya punya draft novel fiksi tapi belum selesai ceritanya. apakah dengan 20halaman cerita harus selesai?
    terima kasih
    salam
    reisa 🙂

  4. Halo kak admin, saya mau tanya, kalo saya punya naskah kumpulan cerpen dan naskah novel apakah saya boleh mengirimkan kedua naskah tersebut utk kelas fiksi novel dan kelas cerpen fiksi? Terima kasih. 🙂

  5. Halo, admin…
    akhirnya bisa koment juga hehe

    kemarin waktu masih di blog.com saya bingung koent saya nggak terposting, dan ribet banget caranya hehehe

    Hm…saya mau tanya,

    1. Boleh ngirim lebih dari satu? Misalnya draft novel, novelet, dan juga kumpulan cerpen?
    2. Kalau kumpulan cerpen itu apa boleh 20 halaman itu diwakilkan dua cerpen? Misalnya 1 cerpen 10 halaman, jadi dua cerpen, pas 20 halaman. Tapi itu katanya kalau cerpen minimal 4 cerpen? Jadi, maksudnya bagaimana? Kurang ngerti..hehe. Apakah misalnya 1 cerpen 10 halaman, tetap harus kirim minimal 4 cerpen yang jadinya 40 halaman?
    3. Subjectnya kot-kategori, itu nama kota tempat kita tinggal ya? Atau nama kota tempat penyelenggara?
    4. Kategori non fiksi contohnya seperti apa, min?

    Terima kasih sebelumnya.. Maaf banyak nanya 🙂

    • Halo,

      Coba kami jawab satu per satu, ya…
      1. Boleh lebih dari satu, kok. Jadi nanti kalau kamu mengirim naskah cerpen dan novel, berarti kamu mendaftarkan diri untuk kelas novel dan cerpen. Kalau kamu terpilih di kedua jenis kelas, kamu harus memilih salah satu.
      2. Untuk cerpen, minimal 4 cerpen. Dengan begitu pastinya akan mencapai 20 halaman kan 🙂
      3. Yang dimaksud adalah kota penyelenggara tempat kamu ingin mengikuti Akademi Bercerita.
      4. Contohnya seperti buku-buku ‘How To’ atau biografi. Jadi isinya didasarkan pada realita.

      Mudah-mudahan cukup jelas ya 🙂

    • Hai, kamu ingin ikut Akademi Bercerita di Jogja atau Jakarta?
      Ini kami share untuk yang di Jakarta, ya. Kalau yang di Jogja mungkin sedikit beda.

      Untuk kelas Fiksi (Novel), totalnya adalah 9 pertemuan selama 3 bulan.
      Untuk kelas Fiksi (Cerpen), totalnya adalah 7 pertemuan selama 3-4 minggu.
      Untuk kelas Nonfiksi, totalnya 6 pertemuan selama 6 hari,
      Jarak antara pertemuan bervariasi, tergantung materi dan tugas yang diberikan.

      • Semoga langkah awal untuk saya berkontribusi di dunia penulisan buku baik fiksi maupun non fiksi. Saya ingin sekali ikut sesi Jakarta.Mohon penjelasan mengenai hari tutorial di akademi ini.Terimakasih

      • rencananya ingin ikut yg di Jogja untuk Fiksi (cerpen), kalau di Jogja kira-kira berapa jumlah pertemuannya? terimakasih banyak jawabannya 🙂

  6. Oh y Min…itu ngisi formulirnya gimana? Di file word terpisah?

    Lalu fotonya? Di kirim terpisah juga? Ukuran foto ada ketentuannya nggak? Atau bebas?

    Trims.. 🙂

    • Iya, jadi dari tiga kategori itu kamu bisa pilih yang mau kamu ikuti, kemudian kamu kirimkan naskah yang dibutuhkan untuk mendaftar.

      Fotonya bisa kamu kirimkan lewat email dengan attachment terpisah.

    • Oh Mirjam wat ziet het er allemaal super uit!Wat zul jij een ontzettend leuke tijd gehad hebben.Wat geweldig dat je dat Scolarship hebt gekregen. En zo verdiend!Helaas ben ik de laatste tijd weinig op het forum te vinden; we hebben het zo druk met alles in en om het huis.Branden komt er ook al niet van, maar straks als het weer winter wordt gaat het verbouwen op een laag pitje en dan is mijn brander weer aan de beurt.Keep up the good work!!! Goed bezig!

  7. Kalau kamu lolos, kamu akan mengikuti pembelajaran tatap muka. Kamu akan menerima materi serta tugas yang membantumu mengembangkan naskah awal.

    Untuk kelas Fiksi (Novel), totalnya adalah 9 pertemuan selama 3 bulan.
    Untuk kelas Fiksi (Cerpen), totalnya adalah 7 pertemuan selama 3-4 minggu.
    Untuk kelas Nonfiksi, totalnya 6 pertemuan selama 6 hari,
    Jarak antara pertemuan bervariasi, tergantung materi dan tugas yang diberikan.
    Durasi per pertemuan adalah 4-5 jam.

  8. Hari biasa kah akademinya? Atau weekend? Bila saya terpilih ternyata akademinya Sabtu dan Minggu saya bersedia menggeser jadwal kursus Bahasa Arab saya atau berharap jadwal akademi dihari kerja:)

    • Halo Anggiya,

      Rencananya Akademi Bercerita akan dilaksanakan pada hari kerja. Nanti kalau kamu sudah terpilih, kamu akan mendapat jadwal pastinya supaya bisa kamu sesuaikan dengan jadwalmu.

      Formulirnya bisa kamu unduh di link yang tertera pada poin ketentuan nomor 5.

  9. Malam, aku mau nanya :

    1. Kl utk pengiriman 2 naskah misalkan fiksi novel dan fiksi cerpen apakah harus dikirimkan dgn email yg terpisah atau dijadikan satu?
    2. Kl blh tahu, utk sesi tiap kotanya, akan ada berapa penulis yang diterima utk ikut dalam akademi, mohon penjelasannya.

    Terima kasih

    • Kami coba jawab, ya,

      1. Kirimkan terpisah ya, supaya memudahkan penyortiran.
      2. Untuk Akademi Bercerita di Jakarta, kami akan memilih 12 orang untuk kedua kategori fiksi dan 10 orang untuk kategori nonfiksi. Untuk Jogja, kami akan memilih 10 orang untuk setiap kategori.

  10. Halo,
    Saya sedang isi biodata. Maksudnya pengalaman menulis apa ya?
    Apakah cerpen/novel yang sudah berhasil diterbitkan kah? Atau bagaimana?
    Mohon penjelasannya ya, Admin baik 🙂

  11. Wah, saya ingin ikut, kebetulan ada rencana untuk menerbitkan skripsi saya menjadi buku.
    Tapi sekarang saya bekerja dan berdomisili di Semarang.
    Tidak ada kelas untuk weekend?

  12. by the way Min, apa tangga 1 Maret nggak kecepatan?

    Karena pengumumannya tanggal 26. Kalau seandainya, ini seandainya saja sih hehe, salah satu yang terpilih tinggalnya di daerah yang jauh dari yogja, kan butuh waktu untuk ngurus keberangkatan dan nyari penginapan, Min.. 😦

    • Pengajarnya adalah editor penerbit Bentang atau PlotPoint, dan nanti juga akan ada penulis sebagai pengajar tamu.
      Nanti untuk penentuan kelas yang akan kamu ikuti akan ditentukan oleh redaksi dan tentunya ada proses seleksi naskah.

  13. Kak admin, saya udah kirim emailnya, untuk di dua kelas fiksi. Tak ada email balasan, kah sebagai notif gitu? Atau tinggal tunggu pengumuman tgl 7? Trims ya kak…

  14. acaranya dimana yah..? bisa tidak kalau acaranya itu difokuskan hari sabtu/minggu saja.. karena senin-jumat kerja. pliss 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: